Sambutan

Selamat datang di Seputar Dunia Tekhnologi, Terima Kasih Atas Kunjungannya dan Selamat Membaca

Tab

Kamis, 25 Desember 2014

Me-refresh Desktop (F5) Berkali-kali Ternyata Berbahaya bagi Komputer

Assalamu'alaikum Wr. Wb

   Around The Word Technology - 98% pengguna Komputer, khususnya pengguna komputer dengan Sistem Operasi berbasis Windows pasti pernah atau bahkan sering menjalankan perintah Refresh pada Desktop, dengan maksud agar komputer lebih cepat dalam bekerja. Apa benar begitu ???



Sebenarnya Apa Fungsi Tombol Refresh ini ?

   Perlu diketahui, sebenarnya Fitur Refresh Desktop tidak dimaksudkan untuk memperbaharui kembali kondisi RAM, membersihkan komputer anda, ataupun untukk menyegarkan komputer anda. Refresh desktop juga tidak menyumbangkan peningkatan performa apa pun pada kinerja komputer. Untuk lebih memudahkan anda dalam memahami penjelasan fungsi tombol refresh desktop ini, maka perhatikan ilustrasi berikut.

   " Kadangkala bila anda melakukan perubahan pada shortcut di desktop, perubahan tersebut biasanya tidak bisa ditampilkan secara instan. Contohnya ketika anda telah mengatur shortcut di desktop agar namanya sesuai dengan urutan abjad. Saat anda menambahkan shortcut baru pada desktop, shortcut baru tersebut pastinya tidak akan langsung tersortir sesuai urutan abjad, tetapi akan berada di bagian paling bawah daftar shortcut. Pada kasus ini, barulah anda perlu untuk melakukan refresh pada desktop anda untuk menampilkan perubahan yang telah dilakukan di desktop "

   Namun biasanya para Gamers sering me-refresh Desktop berkali-kali untuk mempercepat kinerja suatu game. Apalagi jika spesifikasi PC rendah, perangkat keras akan lebih cepat rusak karena me-refresh Desktop berkali-kali dengan tombol F5 selama puluhan detik. Lalu apa hubungannya me-refresh Desktop dengan rusaknya perangkat keras ?

"Refresh" Desktop Berkali-kali Ternyata Berbahaya !!!

   Me-Refresh Desktop ternyata memakan CPU yang cukup tinggi. Entah itu dengan opsi Klik Kanan Refresh ataupun dengan menekan F5. Tak percaya ? Anda diperbolehkan untuk mencobanya sendiri.

Ikuti Langkah Langkah berikut ini :

1. Pertama, buka Task Manager untuk mengamati proses kerja CPU
   ( Caranya : Klik Kanan pada Taskbar lalu pilih Task Manager )

2. Setelah Task Manager terbuka, kita aktifkan Desktop
    ( klik Desktop itu sendiri di sembarang tempat tanpa me-minimize Task Manager )

3. Selanjutnya Klik Kanan pada desktop lalu pilih Refresh
    ( Tekan tombol F5 berkali-kali dalam waktu 10 detik )

Catatan: Jika merasa tak tahan melihat persentase penggunaan CPU selama 10 detik, maka berhentilah me-refresh. Persentase CPU yang ditunjukkan Task Manager itu tergantung spesifikasi komputer dan waktu me-refresh.

Hasil Uji yang telah saya lakukan sendiri ..



   Lihatkan !!! Persentase CPU bertambah tinggi hingga puluhan persen. Hal ini sudah bisa membuktikan bahwa me-refresh Desktop bisa meningkatkan persentase CPU. Kalau persentase CPU terbiasa sangat tinggi, bisa dipastikan bahwa CPU akan lebih cepat rusak.


Me-refresh Desktop yang Benar

   Sebaiknya jika kita menjalankan perintah "Refresh" maksimal 3 kali saja. Jika ingin menggunakan Tombol Fungsi F5 dalam sekali tekan, maksimal 2 detik saja.


Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga Bermanfaat ..
Saya Syahrul Fauzan pamit undur diri dan ikuti terus postingan saya selanjutnya di Around The Word Technology ...

Wassalamu'alaikum Wr. Wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts