Sambutan

Selamat datang di Seputar Dunia Tekhnologi, Terima Kasih Atas Kunjungannya dan Selamat Membaca

Tab

Kamis, 23 Oktober 2014

Cara Mengatasi Game Yang Sering Minimize Sendiri

Assalamu'alaikum Wr. Wb 

   Kembali lagi dengan saya Syahrul Fauzan di Fauzanhale.blogspot.com. Jika biasanya saya menulis tentang sebuah Referensi, maka pada kesempatan kali ini saya ingin membahas mengenai suatu masalah beserta solusi pemecahannya. 

   Pernahkah kalian ? Saat sedang bermain game kesayangan di PC kesayangan tiba-tiba minimize sendiri ? Maksudnya.. ketika kita sedang asyik bermain game, tidak ada angin tidak ada badai tiba-tiba “CTEK!” kembali ke tampilan desktop. Tidak usah khawatir, karena untuk memainkan gamenya kembali, kita hanya perlu meng-klik Tab gamenya yang terminimize di Taskbar.

 Meski begitu, tetap saja SANGAT MENGGANGGU. Apalagi ketika sedang bermain PES, saat hendak melepas sebuah tembakan kemenangan di menit akhir, atau ketika kita sedang mempertahankan 1 angka di menit menit akhir, dan masalahpun terjadi. Minimize terjadi sebelum kita sempat mem-pause gamenya. Ketika kita buka kembali gamenya, JREENG !!! kita kejebolan atau gagal menjebol gawang lawan.

Kembali ke topik ...

   Sebenarnya ini persis seperti pengalaman pribadi saya. Berdasarkan rasa penasaran, saya coba utak atik settingan game itu sendiri. Sempat kebayang kalau itu ulah Viru, tapi berhubung Deep-scan akan memakan waktu yang tidak sebentar, akhirnya saya buang jauh-jauh prasangka buruk terhadap Virus.

Kemungkinan kedua, yaitu program-program Updater, Program yang kadang suka update semaunya sendiri tanpa seizin pemilik komputer meskipun sedang Offline. Kemungkinan ketiga, yaitu program Antivirus yang biasanya membuat jadwal Scanning tersendiri.

Ok.. kemungkinan-kemungkinan sudah didapat, saatnya buka Task manager !
Namun, setelah diteliti satu per satu, sekilas tidak ada yang aneh. Antivirus normal, Schedulenya juga sudah OFF, Microsoft Update juga udah OFF, NVIDIA Update juga OFF.
Terus apalagi ???

                                       


   Mikir lagi, jangan-jangan virus ? Tapi karena malas Scan PC, akhirnya kegiatan minimize menyebalkan ini berlangsung selama 5 hari. Sempat diskusi dengan teman, dan disarankan untuk teliti lagi itu Task Manager. Okelah, saya cek lagi sampai akhirnya ketemu proses sialan bernama “UI0Detect.exe” !!

   Ternyata ini penyebabnya, setelah saya matikan melalui Task manager, ternyata game berjalan normal. Tapi setelah 20 - 30 menit kemudian, masalah ini muncul lagi. Tidak tahu apa penyebabnya, proses sialan itu muncul kembali di Task Manager. Sudah di matikan berkali-kali tapi tetap saja muncul. Ada rasa Penasaran, kira-kira apa pemicu munculnya proses itu ? Virus ?

   Perlu diketahui, kegiatan restart PC tidak berpengaruh sama sekali pada proses ini.
Saya coba diskusi lagi, kata seorang teman “ coba matikan lewat msconfig ”. Saat cek program di msconfig, ternyata tidak ada program yang bernama “ UI0Detect.exe ” 

Di Task Manager, saya coba klik kanan pada UI0Detect.exe kemudian pilih Properties. Ternyata lokasinya ada di Windows/System32, deskripsinya “ Interactive Service Detection ” 

   Saya coba buka msconfig sekali lagi, dan dengan meningkatkan level ketelitian dan kejelian mata. Akhirnya ketemu juga proses “ Interactive Service Detection ”. Setelah di matikan dan restart PC, itu program sudah tidak ada di Task manager lagi :D

Jadi Kesimpulannya :
  • Proses itu bernama UI0Detect.exe.
  • Untuk mematikan prosesnya, kita gunakan msconfig
  • Setelah dire-boot, katakan selamat tinggal pada game yang suka minimize sendiri

= = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = =  = 

NOTE

   Tujuan mematikan UI0Detect ini semata-mata adalah untuk MENGHENTIKAN gangguan minimize ketika sedang bermain game. Kalian sah-sah saja untuk MENGAKTIFKAN kembali proses ini, atau membiarkannya. 

   UI0Detect berfungsi untuk “melaporkan” error (biasanya disebabkan oleh malware), dan mematikan UI0Detect ini, belum  tentu malwarenya juga hilang. Tapi saya rasa PC kalian akan aman-aman saja, ASALKAN antivirus bekerja dengan baik, dan rajin kontrol kesehatan komputer melalui Reliability Monitor.

= = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = =


   Untuk alternatif mematikan/menghidupkan kembali UI0Detect, bisa langsung ketik Services di menu start, lalu cari tulisan Interactive Service Detection, klik 2x, kemudian stop prosesnya dari situ. lalu restart sistem bila diperlukan.

Sekian dari saya, semoga postingan saya di atas dapat berguna oleh kalian semua
Jika ada cara lain, bisa disampaikan disini, karena kita sama sama belajar disini


Bagi yang ingin bertanya bisa langsung coment di bawah blog ini atau 
Fb          : Fauzan Hale
Twitter   : Fauzan Hale

11 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Thank's banget ya gan, membantu sekali (y)

    BalasHapus
  3. gimna cara matikan UI0Detect.exe, mf newbie

    BalasHapus
  4. Kalo interactive service detectionnya udh mati tpi ttp kyk gitu, apa kemungkinan penyebabnya?

    BalasHapus
  5. kalo g ada UI0Detect.exe nya, gmn gan???

    BalasHapus
  6. iy ttp minimize nih ad solusi lain gak

    BalasHapus
  7. Kalo itu udah tau saya kakak ,tapi dah saya cari gak ad tu u10.... yg dimaksud saya ke run pun tak ad yg dimaksud tapi kok masih min sendiri ya kk

    BalasHapus
  8. Kalo itu udah tau saya kakak ,tapi dah saya cari gak ad tu u10.... yg dimaksud saya ke run pun tak ad yg dimaksud tapi kok masih min sendiri ya kk

    BalasHapus
  9. Kalo itu udah tau saya kakak ,tapi dah saya cari gak ad tu u10.... yg dimaksud saya ke run pun tak ad yg dimaksud tapi kok masih min sendiri ya kk

    BalasHapus
  10. Gw bisaaaaaa yuhuuuu nih lo ke msconfig,trus ke seting,trus cari intercrative srvice detection,trus lu ilangin conterengan nya trus lu pencet restrar

    BalasHapus

Popular Posts