Sambutan

Selamat datang di Seputar Dunia Tekhnologi, Terima Kasih Atas Kunjungannya dan Selamat Membaca

Tab

Kamis, 23 Oktober 2014

Cara Install Windows 7 Ultimate Lengkap dengan gambar

Assalamu'alaikum Wr. Wb


   Jumpa lagi dengan saya Syahrul Fauzan, tentunya di Fauzanhale.blogspot.com. Jika kemarin saya pernah menulis tentang Macam Macam Windows 7 dan Perbedaan Upgrade dan Custom (Advanced) Ketika Installasi OS berbasis Windows, kali ini saya ingin men share sebuah artikel tentang bagaimana Cara menginstall OS Windows 7.

  Langkah-langkah yang saya tuliskan di sini merupakan cara untuk installasi Windows 7 edisi Ultimate. Tetapi bisa juga digunakan sebagai panduan untuk menginstal Sistem Operasi Windows 7 di setiap edisi termasuk Windows 7 Professional atau Windows 7 Home Premium dan berlaku untuk windows 7 32 bit atau 64 bit.


   Untuk proses instalasi, kita bisa menggunakan 2 varian, yaitu menggunakan DVD ataupun Flashdisk. Jika kita menggunakan USB Flashdisk, kita harus merubah Flashdisk tersebut menjadi sebuah Bootloader terlebih dahulu. Baca DISINI 

   Berikut adalah Langkah-langkah instalasi Windows 7. Dimulai dengan memilih booting windows dari DVD atau flashdisk. Khusus untuk booting dari flash disk, maka masukan terlebih dahulu flash disk sebelum menyalakan komputer atau laptop.

1. Nyalakan Komputer / Laptop.

2. Saat meyalakan Laptop, tekan tombol F2 untuk masuk ke menu BIOS
( Pada beberapa Laptop merk lain tekan Esc, F1, F10 atau Del Pada Komputer )

3. Setelah masuk ke menu BIOS, cari tab Boot 
( Tampilan BIOS beraneka ragam tergantung merk )


4. Arahkan Boot Pertama Jadi DVD atau Flashdisk jika menggunakan Flashdisk .
( Tampilan ini pun beraneka ragam tergantung merk )


5. Selesai, masuk ke tab Exit kemudian  pilih Exit Saving Changes atau bisa juga dengan menekan tombol F10 lalu pilih Yes, maka Komputer/Laptop akan segera Restart.  
Note : Jika kita menggunakan DVD, masukan DVD Windows 7 Installer ke Drive DVD terlebih dahulu sebelum PC di restart.


6. Jika muncul tampilan seperti gambar di bawah ini, tekan Enter 
( Ini akan muncul selama 5 detik saja , jika kita terlambat, proses tidak akan terjadi, harus restart lagi)


7. Pada Langkah ini tidak melakukan apapun



8. Saat menu Instalasi muncul, di pilihan bahasa kita pilih English dan Klik Next


9. Klik Install Now


10. Klik I accept the license terms, kemudian Klik Next



11. Proses akan segera dimulai


12. Ini adalah tahapan yang sangat penting, penting, dan penting, kita pilih Custom (advanced). Langkah ini akan memproses Windows dari awal, sehingga nanti akan seperti baru, dan menghapus semua sistem yang lama. Untuk lebih jelasnya, Klik DI SINI untuk mengetahui perbedaan antara Upgrade dan Custom.


13. Setelah Itu, lihat gambar di bawah ini. Pada langkah ini Penting Untuk Mengatur Partisi Yang akan di buat atau pun di install Windows 7 Yang Baru. Gambar di bawah ini contoh Laptop yang memiliki 3 Partisi, Pertama System Reserved, Kedua Windows 7 lama alias C:, dan Ketiga Data alias D:

Note : Jika Pada Gambar dibawah ini pada kotak tersebut kosong maka, hardisk kemungkinan rusak atau kabel ke hard disk tidak bagus (tidak terdeteksi).


14. Kita Delete Partisi System Windows yang lama. Maka sistem Lama (C:) akan terhapus, dan My Documents pun akan terhapus seluruhnya, karena My Documents termasuk (C:). Oleh karena itu, jika hendak menyimpan sebuah Data sebaiknya kita save di (D:) atau (E:)

Arahkan kursor, Delete Partisi dengan Klik Delete, kemudian klik OK sampai tampilan pada gambar berikutnya


15. Arahkan Kursor Pada Partisi Yang Akan diisi Windows 7 Yang Baru, Klik New.
Kemudian Klik OK  (Untuk diketahui, disini ada suatu nilai berapa Byte Hard Disk)


16. Maka tampilan akan seperti berikut, arahkan Kursor pada Partisi yang akan di instal Windows 7 yang baru (Primary), Kemudian Klik Next


17. Jika sudah sampai pada tahapan ini, kita bisa sedikit bersantai. Karena selanjutnya Proses akan berjalan secara Otomatis. Jangan klik apapun, biarkan saja sampai restart dengan sendirinya


Jika Pada saat Expanding Windows files terdapat error, artinya memory laptop/komputer kita bermasalah. Jika lancar, Windows akan restart secara otomatis.

Note : Jika menggunakan DVD tidak melakukan apapun, tapi jika menggunakan Flash disk setelah gambar berikut (restart) Flash disk HARUS dicabut.


18. Setelah Restart, akan muncul tampilan berikut. Pada tahapan ini jangan tekan tombol apapun, jika kita menekan suatu tombol, sama saja kita akan memulai lagi tahapan instalasi seperti tahapan di atas.
( Jika memakai flashdisk, tidak akan muncul gambar dibawah ini, karena flashdisk sudah dicabut )


19. Biarkan saja, jangan klik apapun




20. Selanjutnya, akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini. Ini tahapan untuk menyempurnakan Proses Instalasi Windows, Biarkan saja, jangan klik apapun


21. Proses Instalasi Windows hampir selesai, dan akan restart otomatis, jangan klik apapun.




22. Isikan Nama User untuk Laptop/Komputer, kemudian klik Next


23. Berikutnya adalah tentang keamanan, kita di minta untuk memberikan password. 
Lewati sja tahapan ini, kecuali Laptop / komputernya ingin memakai password, kemudian klik Next


24. Jika sudah memiliki Serial Number untuk Windows 7, ketik kodenya dalam kotak yang tersedia, dan klik Automatically activate Windows. Jika belum mempunyai kode, jangan diisi apapun, Disebelah Next nanti ada Skip, jadi Klik Skip.


25. Klik Use recommended settings


26. Sesuaikan waktu yang dikehendaki, kemudian klik Next


27. Selamat Proses Instalasi sudah Sempurna
Namun bagi yang belum memasukan kode windowsnya (atau belum di aktifkan-activated), maka sempurnanya windows tersebut hanya berlaku 30 hari, jika 30 hari belum di aktifkan, tampilan windows akan berubah hitam, dan jika dibiarkan kadang bisa merusak hardware Laptop atau Netbook, sebaiknya segera aktifkan Windows setelah Instalasi selesai, Bertanya kepada yang lebih mengetahui.



Catatan : 

  Setelah selesai menginstal suatu OS, kita wajib mengecek kelengkapan Driver pada PC.
Namun Pada beberapa Merk Laptop, biasanya driver sudah terintegrasi dengan Windows 7. Driver harus di instal supaya Laptop / Komputer dapat berjalan dengan baik dan semaksimal mungkin.

Adapun caranya untuk mengecek kelengkapan Driver adalah : 
1. Tekan tombol Windows + R ( Windows Run)
2. Ketikan " compmgmt.msc " ( tanpa tanda petik )
3. Akan muncul Jendela baru
4. Pilih Device Manager

   Jika dari sekian banyak komponen PC terdapat tanda (!) , artinya ada driver belum terinstall. Tidak usah khawatir, biasanya setiap pembelian sebuah Laptop, kita akan mendapatkan sekeping CD yang berisi kumpulan Driver. Jika tidak ada, kita bisa download di internet sesuai merk dan kebutuhan kita

Download Windows 7 Ultimate DISINI

  Demikianlah postingan saya mengenai Cara menginstal Windows 7.
Kurang lebihnya harap maklum .. saya ucapkan terima kasih atas partisipasinya dan ikuti terus Fauzanhale.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts