Sambutan

Selamat datang di Seputar Dunia Tekhnologi, Terima Kasih Atas Kunjungannya dan Selamat Membaca

Tab

Jumat, 24 Oktober 2014

Cara Mengaktifkan Fitur Safe Mode Menggunakan Tombol F8 Pada Windows 8

Assalamu'alaikum Wr. Wb

   Pada kesempatan kali ini, saya Syahrul Fauzan ingin berbagi sebuah Tutorial tentang bagaimana Cara Mengaktifkan Fitur Safe Mode Menggunakan Tombol F8 Pada Windows 8. Tentunya hanya di Seputar Dunia Tekhnologi

   Dalam Microsoft Windows terdapat fitur Safe mode, yaitu sebuah fitur dari windows  yang dapat kita manfaatkan ketika kita memiliki masalah pada windows kita seperti masalah pada kerusakan sistem yang mengakibatkan booting windows kita tidak berjalan dengan baik, mengatasi virus yang ada pada komputer kita, mengatasi masalah pada driver yang kita gunakan dan lainnya.




   Sedangkan arti Safe Mode sendiri adalah suatu keadaan dimana Windows hanya menggunakan driver yang memang dibutuhkan untuk menjalankan system Windows. Saat Safe Mode , Windows tidak akan menjalankan startup yang tidak dibutuhkan. Safe Mode berguna saat system komputer mengalami kesalahan karena driver yang tidak cocok, komputer terkena virus atau malware, selain itu juga Safe Mode bisa digunakan saat akan unistall Software yang bandel seperti antivirus atau yang lain. 

   Mungkin Safe mode sudah tidak asing lagi bagi kita, karena Safe mode adalah hal yang wajib kita ketahui jika kita ingin mengetahui masalah pada komputer kita yang terkadang menjengkelkan.
Pada windows XP dan windows 7, Safe Mode dapat diakses dengan menekan tombol F8 saat booting lalu memilih Safe Mode. Tetapi bagaimanakah dengan Windows 8 ? Apakah windows 8 tidak bisa masuk ke menu Safe mode ini ?

   Sebenarnya  ada cara untuk masuk ke Safe Mode di Windows 8 maupun Windows 8.1, untuk bisa Safe Mode harus masuk ke msconfig atau Advanced Startup yang ada di PC Setting pada saat Windows dalam keadaan Normal. Namun cara tersebut bagi saya sangat merepotkan. apalagi jika komputer tidak dapat berjalan dengan normal.

Untuk bisa menjalankan Safe Mode dengan menekan tombol F8 saat Booting Windows 8 atau 8.1 silahkan ikuti tutorial berikut ini.

1. Pertama tama, Buka Command Prompt

   Command Prompt dapat dibuka dengan menekan tombol Windows + tombol X yang ditekan secara bersamaan , kemudian pilih Command Prompt (admin). Selanjutnya jika muncul jendela User Account Control klik saja Yes.


2. Ketikkan Script

   Selanjutnya setelah Command Prompt terbuka ketikkan teks dibawah ini
Bcdedit /set {bootmgr} displaybootmenu yes " tanpa tanda kutip.




3. Tekan Enter

   Jika muncul teks seperti ini, artinya kalian sukses mengizinkan tombol F8 untuk mengakses Safe mode pada windows 8.



4. Restart Komputer

   Tutup jendela Command Prompt kemudian Restart komputer sobat. Kemudian saat booting, sobat bisa Check apakah saat tombol F8 di tekan dapat berfungsi atau tidak.

========================================================================

 * Selamat Mencoba .. 

Sekian dari saya, Terimakasih telah berkunjung, 
Semoga Postingan saya kali ini dapat membantu sobat yang mengalami kesulitan untuk masuk Safe mode pada windows 8 dan juga dapat menambah wawasan kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts